Konsultan Bangunan Pasca Gempa

Konsultan Bangunan Pasca Gempa

Tinggal berada di wilayah yang sering terjadi gempa seperti di Indonesia ini membuat kita harus selalu waspada akan bencana yang seringkali datang membawa banyak korban ini. kewaspadaan tersebut juga perlu diterapkan dalam struktur bangunan agar dapat meminimalisir dampak gempa baik untuk mengurangi korban jiwa maupun untuk mengurangi kerugian finansial akibat gempa. Oleh karena itu, Konsultan Bangunan Pasca Gempa sangat dibutuhkan jasanya.

Kesadaran pemilik bangunan untuk membangun struktur bangunan anti gempa dan memperbaiki bangunan yang telah terkena gempa ini adalah salah satu langkah yang baik untuk kenyamanan pengguna bangunan atau gedung tersebut. Apalagi dalam hal ini pemerintah secara terus menerus mendukung adanya audit bangunan agar bangunan yang kurang layak digunakan mendapatkan renovasi. Proses ini jelas takkan berjalan tanpa keberadaan Konsultan Bangunan Pasca Gempa.

Konsultan Bangunan Pasca Gempa diperlukan pendapat profesionalnya untuk memahami kebutuhan dari sebuah bangunan atau gedung baik yang telah dibangun maupun yang sedang dipersiapkan untuk dibangun. Apabila telah dibangun, konsultan akan melakukan beberapa rekomendasi mulai dari pengecekan keretakan yang ada hingga mengukur pergeseran tanah atau topografi di sekitar bangunan apabila telah terjadi gempa besar.

Artikel Terkait :  Memahami Kondisi Lahan Melalui Konsultan Survey Topografi

Pekerjaan ini bukanlah pekerjaan yang mudah apalagi jika hal itu dilakukan pasca terjadi gempa besar. Tentunya mengecek bangunan pasca gempa itu sangat berbahaya mengingat bangunan tersebut belum diketahui masih kuat untuk berdiri atau dapat roboh sewaktu-waktu. Namun pendapat dari Konsultan Bangunan Pasca Gempa ini juga penting untuk mengindari jatuhnya korban di lain waktu akibat tidak diketahuinya potensi kerusakan gedung.

Setelah mengetahui potensi tersebut, Konsultan Bangunan Pasca Gempa dapat melakukan berbagai perlakuan terhadap bangunan yang dianggap diperlukan sehingga mengurangi pengeluaran biaya dibandingkan harus membangun kembali gedung tersebut. Hal berbeda diharapkan untuk bangunan yang sedari awal memang didesain untuk meredam goncangan akibat gempa. Dalam pembangunannya, perlu adanya konsultasi dengan pihak yang berkompeten pada bangunan anti gempa.

Sebagai perusahaan yang telah berpengalaman dalam bidang konsultan pembangunan dalam berbagai bidang, Handasa Engineering sangat mengerti kebutuhan akan jenis bangunan anti gempa bagi masyarakat di Indonesia terutama bagi pihak pembangun yang membutuhkan keyakinan agar bangunannya tetap aman meskipun terjadi gempa. Memang tidak mudah untuk memprediksi seberapa besar gempa akan datang namun setidaknya kita sudah bersiap.

Artikel Terkait :  Ini Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Mendirikan Bangunan

Persiapan tersebut mulai dari pengecekan kembali gedung atau bangunan yang sudah ada untuk diketahui apakah masih dapat bertahan atau memang sudah tidak dapat dipertahankan lagi pasca gempa. Jika dianggap sudah mengalami kerusakan, maka tinggal mengkonsultasikan apakah gedung tersebut akan dipertahankan dengan perbaikan atau sudah harus diganti dan hal itulah yang akan menjadi pendapat profesional Konsultan Bangunan Pasca Gempa.

Dalam memberikan pendapat dari hasil konsultasinya, Konsultan Bangunan Pasca Gempa tidak boleh salah dalam memberikan keputusannya. Karena akibatnya akan sangat buruk mulai dari robohnya gedung atau bangunan akibat gempa susulan atau gempa baru di kemudian hari hingga bangunan yang terlanjur dirobohkan meskimasih ammpu menopang beban kerusakan yang ada. Profesionalitas, kompetensi dan pengalaman dari konsultan untuk bangunan pasca gempa menjadi yang nomor satu.

Apabila Konsultan Bangunan Pasca Gempa dengan profesionalitas, kompetensi dan juga pengalaman dalam bidangnya yang anda butuhkan, Handasa Engineering mampu memberikan jasa yang sesuai dengan kebutuhan anda. Segera hubungi nomor Handasa Engineering untuk mendapatkan jasa tersebut.

Artikel Terkait :  Konsultan Bangunan Tahan Gempa